Kasus Pembobolan ATM di Indonesia (Bali)

Metode Keamanana Lainnya Read....More


Jka anda adalah nasabah dari salah satu bank, maka anda tentu sudah tahu dengan istilah yang disebut ATM (Automated Teller Machine).

ATM adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk melakukan suatu transaksi perbankan seperti mengambil uang dan mengecek rekening tabungan tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang, pembayaran rekening listrik, phone, atau bahkan membeli pulsa, perangko, dan lain sebagainya.

Betulkah aman untuk transksasi lewat ATM ?


Polda Bali (20/1/2010) menerima laporan dari 18 orang pengguna ATM kalau uang mereka telah dicuri melalui ATM. 18 orang ini terdiri dari nasabah BCA, BNI dan Bank Permata. Selain dari warga negara Indonesia, pelapor ini juga ada yang berasal dari warga negara Amerika, Spanyol, dan lainnya. Total jumlah uang yang telah dicuri melalui ATM ini mencapai 30 milyar rupiah.


Tips-tips penggunaan ATM agar aman

  • Rahasiakan nomor PIN anda.
  • Selalu mengganti nomor PIN anda secara berkala.
  • Tidak mempercayai begitu saja sms / phone berhadiah yang mengharuskan transfer uang lewat ATM.
  • Sebelum anda menggunakan sebuah mesin ATM, harap periksa lebih dahulu mesin ATM tersebut, jika ada sesuatu yang mencurigakan, misal sensor atau kamera yang dapat melihat tombol angka sehingga dapat mengetahui PIN melalui tombol angka yang anda tekan.
  • Waspada alias selalu berhati-hati.

    Tips Keamanan Lainnya.....Read More


Posting Komentar

0 Komentar